Surga Tersembunyi Di Jawa Timur

Surga Tersembunyi Di Jawa Timur

Horesurabaya.co.id – Siapa sangka jika Surabaya juga mempunyai beberapa tempat wisata yang ikonik. Surabaya dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan. Kota yang menyimpan banyak sekali tempat yang menjadi saksi sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Aneka wisata peninggalan sejarah dan keindahan alam, bagai surga tersembunyi di Jawa timur yang menjadi destinasi wisata terbaik seperti Gunung bromo dan Coban rondo.

Saat bertamasya ke Jawa timur, sebelumnya tentu anda telah membuat perencanaan yang matang. Hal hal yang anda perlukan selain telah memilih tujuan wisatanya. Kami sebagai lokal travel agen di Jawa timur paham dan telah menyiapkan aneka pilihan paket wisata Surabaya murah dan terjangkau. Wisata singkat mulai dari sehari hingga 7 hari 6 malam dengan pelayanan yang memuaskan.

Berikut ini adalah daftar destinasi wisata di  Surabaya yang mempunyai nilai sejarah tinggi.

Sejarah kota Surabaya

Surabaya dulunya hanyalah merupakan desa yang terletak di pinggir sungai Brantas. Nama kota ini diambil dari kata Sura yang berarti ikan hiu, dan Baya yang berarti Buaya. Nama ini diambil atas peristiwa kemenangan pasukan Raden Wijaya yang dikenal tangguh dan berbahaya bagi musuhnya (Baya). Melawan pasukan pemberani Mongolia yang datang dari laut dan disimbolkan sebagai Sura. Pertempuran ini terjadi pada tanggal 31 Mei tahun 1293. Sehingga tanggal tersebut dijadikan sebagai tanggal hari jadi Kota Surabaya.

Pada tahun 1743 Kota ini sepenuhnya berada dalam kekuasaan bangsa Belanda yang diwakilkan oleh VOC. Sejak saat itu berbagai pembangunan kota tersebut banyak dipelopori oleh bangsa Belanda. Sampai pada hari kemerdekaan Indonesia yaitu tahun 1945, Surabaya belum sepenuhnya terbebas dari belenggu penjajah.

Pasukan Belanda masih ingin kembali merebut kota ini, dan pada saat itu arek arek Suroboyo berjuang dengan gigih untuk mempertahankan kota tersebut, dan berhasil mengalahkan pasukan tersebut. Oleh peristiwa itu Kota Surabaya disebut sebagai Kota Pahlawan, dan diperingati setiap tanggal 10 November secara Nasional,  karena pertempuran pada masa itu merupakan salah pertempuran yang krusial, bukan hanya bagi Surabaya namun juga bagi kedaulatan Negara Indonesia.

Tempat wisata bersejarah

Setelah lebih mengenal sejarah kota Surabaya, berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang bersejarah tinggi.

  1. Hotel Majapahit

Hotel ini sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda, dan dulunya bernama hotel Oranje, lalu berganti nama menjadi hotel Yamato pada masa penjajahan Jepang. Hotel ini berada di jalan Tunjungan no. 65, dan masih mempunyai tingkat originalitas yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan hotel ini saat pertama kali dibangun. Hotel ini adalah tempat mengenang perjuangan para arek arek Suroboyo untuk merobek bendera Belanda dari Merah Putih Biru menjadi Merah Putih Bendera Indonesia. Wisatawan bisa menginap di hotel ini sambil berfoto foto, dan berjalan jalan di kawasan Tunjungan yang merupakan pusat kota Surabaya.

  1. Museum Mpu Tantular

Tempat berikutnya adalah Museum Mpu Tantular yang menyimpan banyak sekali barang barang bersejarah pada masa kerajaan. Untuk tiket masuk tempat ini wisatawan cuma perlu membayar sekitar lima ribu Rupiah.

  1. Monkasel / Museum Kapal Selam

Monumen Kapal Selam atau biasa disebut dengan Monkasel adalah museum yang terbuat dari kapal selam asli yang sudah dipensiunkan yaitu KRI Pasopati 410. Wisatawan dapat merasakan berada di kapal selam sambil melihat lihat benda bersejarah lainnya. Monumen ini dibangun untuk menggambarkan bahwa Indonesia adalah negara maritim.

Baca juga: harga paket wisata Ranu kumbolo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat
Sabun transparan ADEV NaturalSabun transparan ADEV Natural